SEKRETARIS DESA

Nama Lengkap : Widiyartono, SH.

Tempat, Tanggal Lahir : Pati, 01 Agustus 1983

Jenis Kelamin  : Laki-laki

Agama  : Islam

Status   : Menikah

Kewarganegaraan : Indonesia

Alamat  : RT 02 RW 02 Desa Margomulyo, Kecamatan Tayu  Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah.

Daftar Riwayat Pendidikan   :

  1. SD Muhammadiyyah Margomulyo 1996
  2. SMP Negeri 1 Tayu 1999
  3. SMA Negeri 1 Tayu 2002
  4. Universitas Muhamadiyyah Yogyakarta 2007

Riwayat Organisasi    :

  1. Ketua RT 02 RW 02 (2007 – 2013)
  2. Anggota BPD (2013 – 2019)
  3. Anggota BPD (2019 – 2020)
  4. Ketua Kelompok Perikanan Dan Budidaya (2012 – 2021)

Riwayat pekerjaan  :

  1. Petani
  2. Perikanan

Sekretaris Desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Desa. Sekretaris Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan.

Sekretaris Desa mempunyai fungsi :

  1. melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip dan ekspedisi;
  2. melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum;
  3. melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan dan administrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan lembaga pemerintahandesa lainnya;
  4. melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan;

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Sekretaris Desa bertanggung jawab kepada Kepala Desa. Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (3), uraian tugas Sekretaris Desa meliputi :

  1. menyusun rancangan produk hukum desa;
  2. mengundangkan produk hukum desa;
  3. menyusun Rancangan Laporan Atas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Rancangan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Rancangan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Desa;
  4. melakukan koordinasi pelaksanaan tugas perangkat desa lainnya;
  5. memberikan pelayanan perizinan dan non-perizinan;
  6. memberikan pelayanan administrasi;
  7. melakukan penatausahaan keuangan desa;
  8. menyusun Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa;
  9. menginventarisir dan mengelola aset desa;
  10. mengelola administrasi kepegawaian;
  11. mengumumkan informasi pemerintah desa kepada masyarakat;
  12. memfasilitasi pelaksanaan rapat dan musyawarah desa; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa sesuai dengan bidang tugasnya.